Profil SPI IAIN Curup

Berpedoman pada Keputusan Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup Nomor : 0724/In.34/R/OT.01.3/09/2019 Tentang Pedoman Satuan Pengawasan Internal (SPI) IAIN Curup.

A. Visi, Misi dan Tujuan
1. Visi
Menjadi SPI yang profesional dalam mengawal terciptanya good institut govermance untuk mencapai        visi,misi dan tujuan IAIN Curup.

2. Misi
a. Melaksanakan pengawasan internal terhadap aktivitas manajemen seluruh unit kerja di lingkungan            IAIN Curup
b. Menjadi mitra strategis bagi manajemen Universitas dalam memberikan nilai tambah pada proses
penyelenggaraan IAIN Curup
c. Membantu pimpinan dalam mendapatkan penilaian yang objektif dan berkualitas atas pelaksanaan           kegiatan pada seluruh Unit kerja di lingkungan IAIN Curup dan
d. Mendorong pimpinan Universitas untuk meningkatkan penerapan good institut govermance.

3. Tujuan
a. Terlaksananya fungsi pengawasan internal atas aktivitas manajemen seluruh unit kerja di                            lingkungan  IAIN Curup
b. Terindentifikasinya peluang dan potensi untuk perbaikan dan peningkatan efisiensi penggunaan                sumber daya
c. Diperolehnya penilaian yang objektif dan berkualitas terhadap kegiatan unitkerja di lingkungan IAIN           Curup serta terekomendasikannya perbaikan menyeluruh terhadap sistem pengendalian internal,dan
d. Terciptanya good institut govermance secara efektif dan efisien dengan memastikan kepatuhan                 terhadap hukum, peraturan dan kebijakan yang berlaku.

B. Tugas Pokok dan Fungsi

  1. Tugas Pokok SPI IAIN Curup adalah melaksanakan pengawasan bidang non akademik pada Institut. Secara lebih khusus SPI bertugas melaksanakan pengawasan, pengendalian, evaluasi dan audit dibidang keuangan dan kinerja. Tugas pokok ini diuraikan sebagai berikut :

1) Menyusun dan melaksanakan rencana pengawasan internal

2) Melakukan pemetaan resiko pada masing-masing unit kerja di lingkungan IAIN Curup

3) Melakukan pemeriksaan, penilaian atas efisiensi dan efektivitas dibidang keuangan, akuntansi,                 operasional, sumber daya manusia, teknologi informasi dan kegiatan lainnya.

4) Memantau, menganalisis dan melaporkan pelaksanaan tindak lanjut rekomendasi pengawasan.

5) Melaksanakan review laporan keuangan.

6) Melakukan pemeriksaan khusus apabila diperlukan.

7) Melaksanakan tugas lainnya berdasarkan penugasan sesuai dengan ketentuan peraturan                         perundang-undangan.

8) Memberikan saran perbaikan dan informasi yang objektif tentang kegiatan yang diawasi pada                   semua tingkat manajemen memberikan rekomendasi terhadap perbaikan/ peningkatan proses                   tata  kelola dan upaya pencapian strategi bisnis.

2. Fungsi :

a) Penyusunan peta resiko pengendalian internal melalui kegiatan identifikasi, penilaian resiko,                      penentuan skala prioritas, dan pemantauan.

b) Penyusunan program dan kegiatan pengawasan bidang non akademik

c) Pelaksanaan pengawasan kepatuhan, kinerja dan mutu non akademik di bidang perencanaan,                 keuangan, sarana dan prasarana, teknologi informasi, organisasi dan sumber daya manusia.

d) Penyusunan perencanaan dan pelaksanaan pemeriksaan dengan tujuan tertentu

e) Penyusunan dan penyampaian laporan hasil pengawasan internal

f) Pemantauan dan pengoordinasikan tindak lanjut hasil pengawasan internal dan pemeriksaan eksternal

g) Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Rektor

3. Wewenang

  1. Menentukan prosedur dan ruang lingkup pelaksanaan pengawasan,
  2. Memperoleh akses tidak terbatas atas seluruh dokumen, data, dan informasi keuangan dan kinerja, pencatatan aktivitas, manajemen aset, manajemen SDM, hukum dan ketatalaksanaan, fisik harta institut dari seluruh Unit kerja untuk mendapatkan data dan informasi berkaitan dengan pelaksanaan tugas audit.
  3. Mengembangkan instrumen kertas kerja audit dan buku pedoman audit internal yang relevan guna kelancaran pelaksanaan tugas dan fungsinya.
  4. Melakukan pendampingan dan koordinasi dengan aparat pengawas intern pemerintah dan pemeriksa eksternal.
  5. melakukan monitoring dan evaluasi terhadap tindak lanjut rekomendasi hasil temuan audit dan pemeriksaan internal dan eksternal kepada pimpinan institut secara berkala
  6. Menggunakan tenaga ahli/auditor eksternal jika diperlukan

4. Moto Kerja

  1. Amanah, artinya menyadari betul bahwa tugas di SPI amanah dari Allah SWT, sehingga Allah saja tempat pertanggungjawaban tertinggi.
  2. Objektif, artinya mengambil keputusan berdasarkan bukti apa adanya tanpa dipengaruhi oleh pendapat orang lain atau kepentingan pribadi.
  3. Transparan, artinya bersifat terbuka dan tidak ada yang ditutup-tutupi
  4. Akuntabel, artinya dapat dipertanggungjawabkan sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku
  5. Humanis, artinya pelaksanaan sistem pengawasan mengedepankan asas prikemanusiaan dan mengabdi pada kepentingan umat.

5. Tata Pamong

  1. Kepemimpinan

a. SPI IAIN Curup dipimpin oleh seorang Kepala yang bertanggung jawab langsung kepada Rektor.

b. Dalam melaksanakan tugasnya Kepala dibantu oleh Sekretaris.

2. Struktur Organisasi

SPI dalam struktur organisasi IAIN Curup ditunjukan oleh gambar Struktur Organisasi IAIN Curup.

3. Status Keanggotaan

a. Anggota SPI terdiri atas unsur dosen,tenaga kependidikan, dan atau Jabatan Fungsional Auditor (JFA) baik berstatus PNS IAIN Curup.

b. Anggota SPI yang berasal dari unsur dosen dikategorikan sebagai dosen dengan tugas tambahan (DT) dengan ekivalensi jabatan 4 SKS.

4. Ruang Lingkup Kerja

  1. Pemeriksaan, analisa, pengawasan, pengujian dan penilaian tentang kepatuhan unit-unit kerja terhadap peraturan perundangan
  2. Pemeriksaan, analisa, pengawasan, pengujian, dan penilaian terhadap kualitas pelaksanaan aktivitas non akademik IAIN Curup.
  3. Pemeriksaan, analisa, pengawasan, pengujian dan penilaian atas kinerja bidang keuangan, sumber daya manusia, sarana prasarana, aset fisik dan non fisik, pengadaan barang dan jasa operasional, teknologi informasi dan komunikasi serta objek lain sesuai arahan Rektor.
  4. Pemeriksaan sistemn dan kepatuhan atas perencanaan dan implementasi dibandingkan dengan peraturan perundangan dan prinsip-prinsip good institut govermance.
  5. Pembagian Tugas

a. Kepala

b. Sekretaris

c. Staf Administrasi

d. Koordinator Bidang

e. Auditor Fungsional Internal

 

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *